Bercerita Lebih Jujur Dengan Membuka Mata

18.01


Saya sungguh tergerak ketika melihat film dokumenter ini. Sederhana tapi sangat dalam maknanya.



Mengingatkan kembali kepada saya akan kisah kisah sederhana yang luput dari pandangan namun ketika dipikirkan lagi punya makna yang sangat dalam. Kita orang kota punya standar yang kadang terlalu tinggi untuk mengukur kebahagiaan, sampai kadang kita lupa kalau sesederhana bisa membuka mata di pagi hari, melihat kembali kehidupan yang berjalan ini adalah sebuah previledge besar yang kadang tidak kita anggap.

Terimakasih teh Nia Dinata dan 9 anak muda Indonesia yang membuat film yang hanya  berdurasi 3 menit ini menjadi sangat sarat makna. Mungkin karena pembuatannya yang menggunakan fitur Snapchat Spectales yang membuat sudut pandang film ini begitu jujur. Sejujur apa yang terlihat.

Saya termasuk yang beruntung menjadi oang-orang yang pertama kali menonton film pendek ini ketika diluncurkan pada 12 maret lalu. Insto dan Nia Dinata berkolaborasi dengan 9 anakk muda mempersembahkan film mini dokumenter pertama di Indonesia menggunakan Fitur Snapchat Spectacles bertajuk "Buka Mata, Buka Cerita"



Kayak apa sih snapchat Spectacle ini? saya juga baru tau pas coba di acara ini. hahaha
jadi ini adalah semacam gadget, bebentuk kacamata yang punya fitur merekam apa yang kita lihat. jadi gak heran kalo feel dari film pendek ini terasa sangat jujur dan "kena" di saya. 



Bagian yang paling saya suka dari film ini adalah cerita tentang si Bapak pemungut sampah. terasa sangat ditampar deh selama ini saya merasa kurang banget mengapresiasi orang-orang seperti mereka. padahal tanpa jasa mereka hidup saya nggak akan senyaman ini. 

Melalui film ini saya kembali diingatkan, Don’t take everything for granted. Bagaimana saya harus bersyukur dengan indera yang saya punya. Bagaimana saya harus lebih sayang untuk menjaga mata, indera yang bekerja keras memberikan saya pandangan paling indah tentang dunia.

terimakasih Insto, terimakasih teh Nia, terimakasih hai 9 Sineas muda. dengan sentuhan kecil dari kalian saya kembali menghargai mata, jendela dunia yang saya punya. 

@noninadia