Serunya Menjelajah Mainan Sensory di Acara #BabyBash - the Asian Parent ID

12.42


Hari minggu 15 Januari 2017 adalah hari yang ditunggu-tunggu karena kami akan datang ke Acara Ibu dan Anak - Baby Bash yang akan diselenggarakan oleh the Asian Parent Indonesia, eh udah tahu the Asian Parent Indonesia belum? sebagai ibu-ibu harus banget nih untuk sering-sering berkunjung ke websitenya karena banyak sekali artikel-artikel informatif tentang parenting yang sangat membantu ibu-ibu clueless macam saya sebagai pedoman informasi untuk membesarkan buah hati yang semakin hari perkembangannya semakin seru ini. 

Karena saya percaya sharing is caring, setelah khatam ngubek-ngubek web the Asian Parent Indonesia, artikel favorit saya ada disini . You're welcome! :) 



kembali ke acara #Babybash minggu lalu, kami disambut dengan dekor super cute di samping meja registrasi. Belum apa-apa bawaan nya pingin foto-foto kayak gini: 


Saya happy banget karena Arwen bisa playdate dengan teman-teman sebayanya, dari dedek bayi yg baru belajar merangkak sampai dengan teman-teman toddler yg sudah bisa lari bolak-balik numplek-blek playdate disini. Kebetulan sekali kami beruntung terpilih menjadi salah satu dari 30 peserta yang mengikuti workshop sensory play. 

Sebelum workshop dimulai ada penjelasan dari Klinik ABC Tumbuh Kembang tentang pengenalan Sensory Integrasi, penjelasannya sangat mudah dipahami disertai dengan contoh-contoh yang dekat dengah kehidupan sehari-hari, intinya tim Klinik Tumbuh kembang ABC bisa menerjemahkan bahasa serius menjadi bahasa sederhana yg mudah dimengerti. 

Jadi pada intinya Sensori Integrasi adalah proses menerima informasi dari Indera di tubuh, disini dijelaskan bagaimana perkembangan indra-indera sensori pada anak, ternyata diluar dari Indera yang selama ini sudah saya kenal yaitu indera pengelihatan, pendengaran, penciuman, peraba dan pengecap ada 2 indera lain yang penting sekali untuk di stimulasi dalam tahap emas perkembangan anak yaitu: 

  1. Indera Vestibular adalah indera Internal yg bertugas sebagai keseimbangan tubuh. simulasi nya gimana sih? saya dapat ide untuk melatih anak berjalan pada satu garis lurus tanpa terjatuh, di usia yg lebih besar latihannya adalah naik sepeda. seru ya?
  2. Indera Proprioseptif adalah indera internal yang terletak di otot dan sendi yang memberikan informasi tentang pergerakan otot dan sendi. Indera ini bertanggung jawab untuk gerakan motorik halus anak. simulasi nya? Banyak Banget! saya dapet ide meluap-luap nih dari workshop ini, nanti saya ceritakan dibawah ya ide nya. 
Terimakasih atas pencerahannya ya team ABC Klinik Tumbuh Kembang. I am a happy momma. 




Setelah penjelasan ini dimulailah sesi workshop sensory play yang super seru: 


kira-kira 30 anak usia 7 bulan sampai dengan 2 tahun diajak langsung mencoba berbagai permainan sensory oleh tim dari Genara Art Studio. Arwen super excited untuk mencoba berbagai pemainan yang sudah disediakan: 





yang pertama kali dimainkan adalah mencoba berjalan diatas media rumput sintesis, lantai yg dilapisi bubble wrap dan karton kasar untuk melatih indera taktikal (peraba). lucu deh melihat ekspresi bingung anak-anak ketika melewati media ini, mungkin kalo sudah bisa bicara mereka akan reflek nyeletuk "Ih kok kasar ya, bunda!" 

Yang tidak kalah seru setelahnya adalah sesi mewarnai topeng dengan cat dan spons. semua siap dengan apron biar bajunya nggak kotor. lalu tenggelam asyik mewarnai topeng. simulasi ini sangat baik untuk melatih Indera Proprioseptif. belajar motorik halus yuk! 



Setelahnya Arwen sibuk menjelajah ke ruangan-ruangan disamping ruang utama untuk bermain Papan sensori, melihat balon warna-warni, bermain pasir Kinetic dan banyak permainan sensori lainnya. yang excited bukan cuma anaknya, ayah-ibu juga jadi ikut bermain sambil menjelaskan ke anak. seru banget bermain sampe lupa makan! hahahaha




Setelah pulang dari acara ini banyak sekali ide-ide untuk yang bisa saya praktikan di rumah untuk bermain sensory. awalnya saya selalu skeptis kalau mainan yg berkualitas pasti harganya mahal dan harus dibeli di toko mainan ber-merk. ternyata dengan datang ke workshop ini jadi banyak ide untuk bermain sensori dirumah bersama Arwen. mainan yang sudah kami praktekan dirumah antara lain : 

  1. Belajar tekstur dengan Sticky Slime. Bahannya cuma tepung tapioka, air hangat dan pewarna makanan. di beberapa mangkuk kecil buat larutan air dan tepung tapioka, bubuhkan dengan pewarna makanan. jadi deh. dengan hal sesederhana ini aja anak sudah belajar tekstur lho. bisa juga dengan lilin playdoh. 
  2. belajar mecicipi rasa dari gula dan garam. 
  3. Bermain warna dengan cat air dan kuas. 
  4. belajar mencium aroma dengan bumbu dapur 
  5. belajar motorik halus dengan permaiann melipat kertas. 
Ide nya banyak sekali dan bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah. Anak Senang, (kantong hemat) Ibu lebih senang. 

Saya sangat berharap acara Inspiratif seperti babybash ini akan dibuat rutin setiap beberapa waktu, biar semakin banyak ibu yang terinspirasi untuk membuat mainan sensory sendiri di rumah. Wajar banget dong kalau rasanya saya susah move on dari acara Babybash ini .

Terimakasih ya the Asian Parent ID. kami senang sekali.  
Apalagi dengan goody bag yang bejibun dan sangat berguna! (INI HAPPY BANGET) 

Sampai ketemu lagi di Playdate selanjutnya. 
Anak Happy Ibu lebih Happy. Nanti kita playdate lagi yaaaa 


@noninadia Out! 




You Might Also Like

0 comments