Smaradahana

10.50


Pagi ini playlist saya terlempar ke lagu ini. 

lagu ini sangat berarti bagi saya, lagu ini yg mengiringi langkah kami menuju pelaminan. dinyanyikan dengan indah oleh Trio favorit kami yang tidak mungkin menyanyikan nya ulang saat ini  dalam formasi lengkap karena salah satu dari mereka sudah berpulang ke Surga. 


Rest in Love Nico, you know you'll always be missed. 

Ditengah lagu ini saya menemukan satu kata yang menurut saya sangat indah 
Smaradahana
Mengutip dari Wikipedia: Kakawin Smaradahana adalah sebuah karya sastra Jawa Kuno dalam bentuk kakawin yang menyampaikan kisah terbakarnya Batara Kamajaya

BATHARA KAMAJAYA mempunyai wajah sangat tampan. Ia merupakan makhluk yang berwajah paling tampan di Tribuana (jagad Mayapada, Madyapada dan Arcapada). Bersama isterinya, Dewi Ratih/Kamaratih, putri Bathara Soma, kedua suami-istri tersebur merupakan lambang kerukunan suami-istri di jagad raya. Mereka terkenal sangat rukun, tidak pernah berselisih, sangat setia satu sama lain dan cinta mencintai

Kisah tentang Dewa Smara atau Batara Kamajaya, yang diutus oleh batara Guru ke Gunung Mahameru untuk membangunkan Dewa Siwa yang sedang bertapa. 
Dewa Smara adalah dewa cinta yang anak panahnya saja berubah menjadi bunga, alkisah dewa Siwa yg saat itu sedang bertapa terganggu dan membakar dewa Smara menjadi debu. Dikala dewa Siwa reda amarahnya, barulah ia menyadari ia telah menutup usia dewa rupawan yang senyumnya paling menawan. Siwa menangis dan ingin menghidupkan sang Smara kembali, namun apadaya sang Dewa Smara telah berubah menjadi abu.

Dewa Cinta Smara terangkum dalam pelukan ajal, namun ia hidup dalam setiap raga mahluk dunia, pada setiap kicau burung dan setiap lengkung senyuman para pencinta. 

kelak mungkin jika saya nanti punya anak laki-laki saya akan menamai nya Smaradahana, dengan harapan nantinya ia akan menjadi laki-laki yang rupawan penuh cinta dan setia kepada pasangan hidupnya. 

oh, jangan lupa, kirim salam saya ke Nico diatas sana, selamat bermain di taman surga bersama dewa cinta Smara.

You Might Also Like

2 comments