Week 25

15.51

Pertama-tama, marilah kita merayakan bulan Januari tanpa satupun postingan! 
sungguhlah saya ini wanita hamil pemalas, niat hati ingin mengabadikan banyak hal dalam tulisan, kenyataannya semua hanya mencapai batasan angan..

sebenernya banyak banget hal menarik sepanjang Januari, Ulangtahun, babymoon traveling ke Singapore& Bangkok (yg diwarnai paniknya kami karena terjebak di demo besar-besaran bangkok Shutdown :p) udah gitu Jakarta latah ikutan shutdown karena banjir dimana-mana dan.. ikutan kelas Hypnobirthing yang sangat mencerahkan! 

ok. apa kabar week 25? 
penampakannya kira-kira kayak gini :D 



perut semakin besar, udel nya udah mulai mencuat. kenaikan berat badan so far sudah 9 kilo, tapi berhubung saya anaknya cungkring dari sononya, yang keliatan signifikan cuma perut yg tambah buncit. atuhlah.. 

I love this cute babybump. nanti difoto yang beneran ya dek.. 

apa kabar si adek bayi? here's the update: 

  • Berat janin 860 gr, range normal 600 s.d 800 gr, bagus sih artinya si bayi gizi nya cukup. tapi jangan sampe kegedean juga. nanti ngeluarinnya susah. 
  • that baby is playing with us! bulan ke 5 di USG terlihat tonjolan diantara ruas tulang paha yang bikin dr. Alvin bilang: wah, laki-laki nih, terus pas cek up bulan ke 6 tiba-tiba diantara tonjolan tulang paha ada garis yg mengindikasikan kelamin perempuan. okesip! you such our baby, udah pinter ngerjain Ibu dan babeh! Nama bayi yang sudah disiapkan nama cowok, dan kami pun udah mulai rajin panggil namanya kalo ngajakin ngobrol si perut, pulang dari kontrol dokter semuanya bubar jalan! :D 
  • oh iya, kami sepakat si adebayi akan manggil saya Ibu dan manggil mas suami Ayah. lalu dengan sukses nya di veto: Noooooo, my kids will call me BAAAAA BEEEH! B.A.B.E.H *nunduk pasrah* 
  • tendangan di perut makin kencang kalo diajak main pake boneka bola berbunyi gini, makanya curiga si adek laki-laki: 
Hypnobirthing Class 

Hypnobirthing adalah metode hipnosis bagi ibu hamil degan menanamkan afirmasi dan positif utk membentuk Ibu& Janin yg sehat. membuat Ibu dan bayi lebih tenang serta minim trauma dalam menghadapi proses persalinan dan melahirkan.

gak semua hypnobirthing ini selalu terkait dengan persalinan yang HARUS normal kok, penekanannya lebih kepada proses kehamilan yang lembut dan minim intervensi dengan alat medis yang nggak perlu. (Gentle birth) jadi semua hal benar-benar di sesuaikan dengan kondisi ibu dan bayi. tidak memaksa.

Ngefek gitu? Surprisingly IYA!

malah menurut saya, ikut kelas ini merupakan pengalaman paling menyenangkan yang saya lakukan selama hamil. berhubung ini adalah kehamilan pertama, banyak hal dari proses ini yg sangat-sangat clueless buat kami. Ibu hamil tuh mitos nya banyak, larangan ini-itu nya aneh-aneh belum lagi cerita-cerita serem yg beredar, dari yg masuk akal sampe se nyeleneh "Ibu hamil gak boleh berdiri di pintu, nanti anaknya susah keluarnya (nahlu!)"  Apalagi sempet mengalami pengalaman gak enak di trimester pertama, jadi terasa banget ada urgensi bagi kami untuk belajar menghadapi apa yg akan terjadi tanpa harus nurutin semua mitos yang aneh-aneh.

Dengan ikut kelas selama 2 hari banyak banget info yang di dapat; Panduan relaksasi nya juga dikasih kok, jadi pas kita relaksasi ini kita mananamkan sugesti agar kehamilannya lancar, Sugseti untuk janin yang sehat, sampai dengan sugesti untuk berkomunikasi dengan si bayi. jadi sekarang saya suka ngajak ngobrol si bayi, awalnya sih kayak orang gila, tapi ternyata berkat banyak relaksasi bayi nya pintar dan saya nya jadi lebih sensitif untuk merasakan reaksi dari si bayi tiap kali saya ajak ngobrol. seneng deh. 

contohnya sebelum kontrol dokter kemarin saya ajak ngobrol si bayi: 
"Dek, nanti kita ketemu oom dokter ya, nanti kamu kasih liat ya muka kamu kayak apa, terus nanti kasih tau juga, adek laki-laki atau perempuan, ibu mau belanja baju kamu (ini cetek yak :p), sampai ketemu nanti ya dek.. "

hasilnya pas USG, I can see this baby's  eyes very clearly, bukan cuma muka doang. pose dong dese.. 
keren ya!

bagian terbaik dari Hypnobirthing class ini adalah.. Pijat Endorphin! 
Endorphine adalah hormon bahagia yang ampuh banget sebagai penghilang rasa sakit, nah jadi kalo di pijat Endorphine pastinya dibikin happy, siapa pelakunya? ya suami. jadi sekarang saya punya hak prerogatif buat minta dipijit setiap saat, dan mas suami gak boleh protes! viva pregnancy :p 

selain itu semua diatas, diinfokan juga to do list yang bisa dilakukan di trimester 3, bikin birthplan, dan tips breastfeeding. beneran, ternyata kita berdua clueless banget sama gini-gini an. 

buat bumil kalo tertarik mau ikut liat aja infonya di Hypnobirthing.web.id atau di twitter @infohamil

Nursery
Sebenernya kalo menurut kepercayaan orang Indonesia belum boleh belanja-belanja barang bayi, nanti aja kalo udah 7 bulan alias week 28. Ngeles nya: dicicil aja dari sekarang, kan keperluan si adekbayi banyak, kalo semua ditumpuk beli setelah bulan ke 7 nanti dana nya kebobolan dong.. padahal mah emang gak sabar aja liat bara-barang bayi yang lucu-lucu. 

so far saya gak terlalu semangat ngeliatin baju bayi atau baby equipment macam baby crib atau stroller. yg paling duluan di riset malah perlengkapan breasfeeding. karena niat banget pengen kasih si adek bayi Asi ekslusi kalo bisa malah sampe dia umur 2 tahun. terasa banget bagian ini adalah bagian yang butuh komitmen dan dukungan paling tinggi, so selain persiapan melahirkan, saya jadi emak-emak rabid juga di bagian menyusui. 

item-item nya dibahas di postingan terpisah aja. post ini aja ngetiknya udah 2 jam dan bikin laper. 

sampai jumpa di postingan berikutnya, mudah-mudahan bukan janji palsu. 
daaah 


kecups 
noniNadia 











You Might Also Like

1 comments