Medan... HORAS!

11.50


Gara-gara pagi ini ngirim modem ke Medan, tiba- tiba gw jadi kepingin nostalgia. Salah satu blessing in disguise yang paling gw sukuri dari hidup gw adalah pernah tinggal di Medan. Walaupun Cuma beberapa bulan.
walaupun terjebak di instansi yang crappy banget dan ngantor ditempat orang yang behavior nya agak nyeremin,
walaupun gw pernah diserempet bentor,
walaupun pernah punya pengalaman gak enak ditinggal pesawat setelah cek in,
walaupun bandara Polonia busuknya ngalahin terminal pulogadung,
walaupun mall nya lebih kacrut dari cibinong plaza,
walaupun berkali kali kena gempa.
Walaupun diare di 2 minggu pertama.
For me, Medan is a nice city.

This city tought me how to survive, hidup tak selamanya mudah. Keras bukan berarti kasar. banyak hal menyenangkan dan temen temen yang supportive (oh how I missed you girls) makanan enak yang bertebaran, kota yang cantik, kesempatan travelling yang belum tentu bisa gw dapet kalo seandainya gw cuma duduk manis di Jakarta aja.

Medan memang berkesan, I have my own essential list to enjoy this city. Ya, kebanyakan sih nongkrog plus makan! Medan dan makan enak itu sebelas duabelas. Disini gw bisa makan enak, banyak, murah. Kalo gw bocorin list makanan favorite gw, kayaknya bisa di demo Ikatan Diet Nusantara. Bok, makanan disini semua enak, high sugar, high octane. Lipitor kayaknya bakal jadi survival drug. Harusnya orang medan olahraga 2 kali lebih keras ya. hehehe  Here’s the list :

1.       Kerang Rebus RS Elizabeth
Suasana nya warung tenda, di pinggir jalan yang kadang jadi parkiran RS. kalo ngebayangin rasa kerang rebus di warung tenda Jakarta udah enak, berarti rasa kerang rebus disini spektakuler. Kerangnya besar, fresh dan juicy banget. Gw Cuma nemu pembandig rasa juicy nya di Oyster yang gw makan di The café Hotel Mulia (kebanting ya harganya :p)
Bumbu campurannya bikin nagih, ada rasa kacang, sambal cabe dan parutan nanas. This food is on top of my list.
Penampakannya emang gak cantik, tapi rasanya.. Endeeus!
Geng anak nongkrong Warkop Elizabeth

2.       Dimsum Nelayan
Ada beberapa resto Dimsum Nelayan di Medan, Di Sun Plaza lt.4, Merdeka Walk, …
Favorite gw di Merdeka Walk, karena gak di dalem mall dan deket kemana mana. Suasananya juga lebih asik, kalo malem minggu suka ada live music. Lumayan ya buat anak rantau kurang hiburan.
Well, makanan nya sih basically dimsum dan Chinese food. Dari dimsum standar kayak Hakau dan shiomay, Sampe yang super ajaib kayak kepiting soka tumis paprika (ini paling enak!). Hakau nya juga enak, kulit pembungkusnya transparan dan kenyal. Isian udang nya seger. Dan harganya reasonanble. For only 15k.
Oh iya, ada sup herbal yang isinya ayam kampong yang direbus dengan beberpa rempah. Enak banget kalo dimakan pas badan lagi gak fit or masuk angin (secara gak ada yang ngerokin:’9)

Dimsum Nelayan Have the best pancake Durian in town! Silakan histeris para pecinta duren.  Bayangin dagin durian medan yang manis, dibungkus pancake tipis dan ditengahnya ada sejenis whip cream yang guring gitu. Gw gak usah cerita ya, rasanya juara!

3.       Sup Sumsum Langsa
Sup kaki sapi. Literally, lo akan disodorin potongan tulang sapi segede gaban diatas piring. Penampakannya emang nyeremin,tapi ditengah potongan tulang itu ada rongga yang isinya  sumsum yang bisa di seruput pake sedotan. Rasanya .. jangan ditanya. Makan aja, besok pasti balik lagi. Kaldu nya gurih, daging sapinya juga empuk.
Sebelahnya ada tukang mpek mpek, gw lupa namanya apa, tapi enak juga.
Sup sumsum langsa ini letaknya di simpang Glugur. Jalan pulang kosan – kantor. Jadi gw lumayan sering makan disini. Its affordable. Enak. Memenuhi segala criteria makanan anak kos.

4.       Durian Ucok
Medan emang surga buat pecinta durian. Duren medan menurut gw lebih enak dari durian montong. Lebih tasty, lebih lembut emang sih bijinya gede gede, tapi daging buah nya juga tebel dan banyak.  Gw suka makan duren di Durian Ucok – Peringgan. enaknya kalo makan keroyokan alias rame-rame. Jangan worry soal harga, gw pernah makan ber 10 barengan orang-orang yg gila duren, total kerusakan yg harus dibayar cukup 75k ajah.
Duren, anyone?

5.       Lontong Medan Kak Ila
Ini menu sarapan gw, jualannya di Kampung keling belakangnya sun Plaza. Basically mirip lontong sayur di Jakarta, tapi lebih spicy, pake sayur labu, kuah santen nya lebih encer dikit dari bumbu rendang. Ditambah potongan keripik kentang pedes. bisa ditambah rendang or telur dadar yang tebel-tebel. Dibungkus kertas cokelat dan daun pisang.  Okesip gw udah mulai ngiler.

6.       Martabak Gapa
Medan is a multicultural city, komposisi penduduknya mirip banget kayak Kuala Lumpur atau Singapore. Ada keturunan cina, Arab dan India di sekitaran Kampung keeling, melayu dan Batak Karo. Kira kira kayak gitu, jadi kuliner Medan kaya banget dengan pengaruh percampuran kebudayaan ini.
Martabak Gapa ini pengaruh kebudayaan arab dan India. sejenis martabak telur, dimakan pake kuah kari. Mirip mirip kari yang dimakan bareng roti canai. Tempat jualan nya malem di pinggir lapangan Merdeka. Paling pas diminum bareng the Tarik. Slurp!

Udah ngiler? Jangan sedih, yg gw certain diatas Cuma sebagian kecil aja. Masih ada deretan jajanan di sekitar kampus USU, mie sup Gurila, deretan kopitiam, Lapo (ups!) warung arsik ikan mas... ah banyak!
Jadi, mari lanjut ngiler, mana jam buka puasa masih lama…


Sungguh postingan ini bikin aku kangen Medan. Mudah mudahan  kesampean jalan jalan kesana lagi. Mari kita siapkan perut seluas samudera. 

See ya
*kecups*
noniNadia   

You Might Also Like

0 comments