Akupun Bokek dengan Bahagia #edisiTobatFinansial

14.06

Serem ya Judulnya? 
Tunggu sampe lo selesai baca seluruh post ini. dijamin mules. 

Awal mula gw menulis post ini adalah, review kondisi finansial gw selama 1 tahun terakhir. Tanggal 8 Agustus kemarin adalah pas setahun gw ada di pekerjaan yang sekarang (big YAY!) nah, karena sudah merasakan pendapatan yg naik selama setahun ditambah bonus, insentif endebre endebre yang kayaknya gede itu, berani beranian dong gw review kondisi keuangan gw. 

berbekal ilmu seadanya hasil baca segala hal tentang personal Financial Planning, gw coba  bikin review. rumusnya sederhana aja Penghasilan bersih total dikurangi dengan pengeluaran total dan Sisanya adalah yang mengendap jadi aset. plus liat kondisi hutang. 

setelah diitung - itung Jumlah pendapatan gw setaun itu.. Fantastis! kalo gak dipake makan bisa dapet mobil 1 biji. keren ya? wuih.. langsung jumawa gitu dong. keren ih gw.

selanjutnya ngitung jumlah pengeluaran... *kusut* banyak* deg-degan* Jantungan* ini mah SPEKTAKULER! kelakuan gw setaun ini ya.. gitu deh, dasar manusia, mentang-mentang penghasilan naik, lifesyle ikutan meroket. si noni makin jarang makan di warteg, kalo belanja gak pake mikir, godaan sale tiket pesawat, bahaya laten online shopping. salahkan itu semua! 

ini bagian paling deg-deg an nya : Ngitung aset mengendap yg terselamatkan setahun ini. alhamdulilah *fiuhh* walaupun sedikit ternyata ada. ternyata gw udah insap, dana darurat walaupun masih jauh dari jumlah ideal, aman. Dana pensium udah mulai jalan 2 taun. Reksadana buat ngebiayain mimpi walaupun keliatannya seiprit dan gak signifikan mulai terbentuk. * lega dikit* 

Dibagian Hutang? Tentram Jaya! Hutang kartu kredit gak ada, tapi hutang produktif nya juga belom kesampean. padahal cita-citanya udah mau mulai ambil KPR, apa daya, jajan muluk DP rusun petak  Apartment gak kumpul kumpul *Pecut* 

Intinya? Target tahun ini gak tercapai! nyahahaha 
cita-cita nya sih  at least udah punya DP Rumah, biar mulai pede ngajuin KPR, ternyata semua masih angan- angan. kenapa? karena gw gak ngitung dengan cermat dan gak strict to the budget. suka ngaco dan gatel selama masih ada uang di rekening ya diabisin aja. padahal di tengah-tengah ternyata ada kewajiban rutin yang belum dibayar. nyahaha yaudah tabungan yg harusnya utuh pun tergerus. 
padahal, ya komponen-komponen pengeluaran gw tuh simpel banget, berhubung masih single dan hidup seenak udel. kalo mau tau. nih gw bocorin: 

1. Tabungan dan Investasi 
 kenapa ditaro paling atas? karena untuk mengingatkan bahwa ketika gajian dateng, ini yang pertama harus diselamatkan. kalo nggak, GONE! gampang kok, ada beberapa temen gw yang pake tabungan berjangka dari bank yang autodebet. jadi mau nggak mau "dipaksa nabung" cocok buat orang yg tukang madol kayak gw. akan lebih baik lagi kalo lo punya beberapa account dengan Tujuan Spesifik, contohnya: tabungan naik Haji, tabungan Liburan, Tabungan DP Rusun petak Apartment. jadi kan makin termotivasi buat dikejar terus.

2. Debt Thingy 
ini gak asik! gw menjadwalkan beberapa tagihan rutin di Credit card. jadi tiap awal bulan harus dibayar, plus hal-hal tambahan yg gw bayarkan dengan CC, kayak promo makan, cicilan elektronik dll. masih masuk budget sih. dan pastikan ya bayarnya lunas. daripada bayar bunga mending buat nyalon. mudah mudahan taun depan disini bisa lebih gede, lah? kok cita-cita nya ngutang? ya utang produktif dong! nyicil   Rusun petak Apartment! :)

3. Pengeluaran Rumah tangga
Jadi, setelah dipotong buat nabung dan Bayar utang, mari kita budgetkan untuk bertahan hidup. Post ini menjabarkan biaya rutin yang harus gw keluarkan dalam sebulan, didalamnya ada tagihan-tagihan seperti: bayar Listrik, bayar telepon, Grocery shopping, Laundry, biaya transport, budget makan siang. Termasuk di dalamnya bayar upeti ke Mami.  ini jumlahnya setiap bulan bisa diperkirakan kok. you better make it clear and break it down. karena sisa uangnya bisa dipake untuk.. 

4. Bersenang - senang! 
setelah semua hal diatas beres.. Mari kita pake  sisa duitnya dengan seenak jidat! HAHAHAHA *Ketawa setan* disinilah asiknya kalo semua udah di budget in.  semua uang di post ini beneran digunakan gak pake mikir. biasanya gw pake buat : ngopi-ngopi cantik, nyalon, belanja baju, sepatu, makan di resto fancy, jalan-jalan juga bisa.  yaaa gak setiap bulan semua hal bisa dilakukan sih, tapi kan lo melakukan semuanya dengan tenang dan gak feeling guilty. kalo dana di post ini udah abis? yaudah .. bokek dan gak gegayaan. tapi.. gw tetep bisa makan dan gaji si udin udah lunas dibayar. tenang.

dan akupun bokek dengan Bahagia. 

Nah, saat ini gw lagi berusaha bebenah lagi, karena dalam implementasinya banyak banget godaan sale yg terkutuk, yg bikin si dana bersenang-senang ini membekak dari yang seharusnya di budgetkan. padahal gw masih single dan belum menanggung siapa-siapa. belum pula mikirin sekolah anak endebre endebre. Why so serious? emang sih rejeki ada yg ngatur, nah menurut gw, salah satu cara untuk mensyukurinya adalah dengan mengatur apa yg sudah kita dapat dengan sebaik-baiknya. 

gw gak persistant dalam menabung. hobi belanja. tukan makan enak. gampangan kalo diajak traveling. gak ada yg bisa menyelamatkan kondisi financial gw selain budgeting dan implementasi yg bener kayak gini. gw bisa liat juga kok kondisi temen-temen seumuran gw, dengan gaya hidup dan kehidupan sosial yg sama pasti kondisinya mirip-mirip kayak gini. makanya, yuk mari kita bersenang-senang bareng. ngatur uang gak se skeri itu, gw udah menghadapinya selama setahun, dan walaupun hasilnya masih compang-camping lumayan keliatan *happy* dan gw tetap hidup senang dan gaya :) 

mumpung besok weekend nih, yuk cobain bikin list pengeluaran dan budgeting nya. Gw jamin pasti langsung migrain :-)

but, what doesnt kill you makes you stronger kawan.
mendingan bokek dengan bahagia daripada (sok) tajir in denial. 
have a nice weekend. 

*kecups*
noniNadia 





You Might Also Like

0 comments